Sebagai jawaban atas keinginan untuk tetap dapat memiliki taman pada lahan yang sempit, saat ini hadir metode baru yang inovatif untuk membuat taman yang ditaman secara vertikal, menempel di dinding (vertical garden). Ada beberapa jenis tanaman yang dapat merambat di dinding, tapi bukan itu yang dimaksud dengan vertical garden.

Vertical garden adalah beberapa jenis tanaman yang ditanam dengan mengunakan media tertentu, misalnya dengan metode hidropik menggunakan geotextile, dan ditata di dinding dengan menggunakan modul (untuk penempatan tanaman) dan mendapatkan pengaturan secara otomatis untuk pemeliharaan secara khusus.

Siasat pembuatan vertical garden tidak hanya membuat lingkungan yang sempit menjadi indah namun juga dapat menjadikan suhu lingkungan turun-menjadi lenbih dingin- karena efek isolasi panas dan absorpsi sinar matahari. Selain itu berfungsi juga untuk menyerap polusi udara dan memberikan kesegaran pada lingkungan vertical garden.Yang perlu diperhatikan pada saat membangun vertical garden adalah jenis tanaman yang digunakan –tergantung lokasi dinding apakah membutuhkan sinar matahari penuh atau tidak,Untuk Jenis tanaman yang sedikit membutuhkan sinar matahari, antara lain : seperti : kadaka, bromeliad, tanduk rusa. Dan perlu penyiraman yang teratur, karena tingginya penguapan.

  • Layanan

    • Survei
    • Konsultasi
    • Merancang vertical garden
    • Pembangunan taman
    • Pengawasan pembangunan taman
    • Pemeliharaan selama 3 bulan
  • Produk yang di Hasilkan

    • Gambar konsep Vertical Garden
    • Gambar kerja untuk soft material (tanaman)
    • Gambar kerja untuk hard material (bukan tanaman)
    • RAB
    • Pembuatan taman

Vertical garden (Taman Vertikal) merupakan sebuah gabungan antara penghijauan pada lahan terbatas dengan nuansa seni yang indah. Termasuk didalamnya bagaimana menanam pada dinding dengan struktur yang kokoh untuk tumbuh kembangnya neka ragam tanaman hias, dengan pola tanam yang sedemikian rupa sehingga hasilnya alami dan indah.

Vertical garden di Indonesia relatif masih baru. Di negara barat, pembuatan vertical garden dipelopori oleh Patrick Blanc sejak 1988 hingga mendunia dengan spesifikasi materialnya yang berbeda dengan model lain. Ada berbagai cara membangun vertical garden mulai dari cara sederhana hingga yang “canggih” menggunakan teknologi khusus yang mampu membuat vertical garden bertahan lama.

Vertical garden dengan meteode sederhana, misalnya pot yang disusun secara vertikal, masih menggunakan ruangan yang cukup besar, kerapatan tanaman yang kurang, berat total struktur yang besar/masih menggunakan media tanam tradisional, dan pilihan jenis yang hanya bisa “ditaruhi” beberapa jenis tanaman, sehingga hasilnya monoton dan jauh dari alami.

Sistem yang berikutnya adalah metode pocket yang umumnya tanaman “ditaruh” di geotekstil yang sudah terlebih dahulu dibuat kantong (saku) yang ditempel pada polikarbonat tanpa teknik yang rapat dan dengan irigasi menggunakan sistem spageti. Sistem seperti ini di banyak tempat mengandalkan kerapatan kantong tanaman dan hasilnya instant. Selesai penanaman langsung terlihat hijau dan rapat tanamannya. Tapi, teknik ini mempunyai risiko tingkat kematian yang tinggi dan tidak terlihat tumbuh.

SmartGarden Indonesia mengembangkan teknologi penanaman menggunakan teknologi Perancis (metode Patrick Blank) dan teknologi Jerman dalam proses konstruksi vertical garden agar kuat dan kokoh di dinding. Tim kami dipercaya untuk mengerjakan proyek vertical garden Patrick Blanc di Bali. Dari sinilah kami belajar secara detail tentang vertical garden Patrick Blanc dan teknologi yang digunakan.

Membuat vertical garden tidaklah sulit. Tapi membuat vertical garden untuk mendapatkan seni alami keindahan alam bukan hal yang mudah. Perusahaan vertical garden umumnya hanya menampilkan tidak lebih dari 20 jenis tanaman pada karyanya. SmartGarden Indonesia mampu menampilkan desain pola alami dengan lebih dari 125 jenis tanaman tropis !!

Belajar dan bekerja bersama penemu vertical garden modern Patrick Blanc, menjadikan tim kami yakin mampu menghadirkan karya vertical garden yang spektakuler untuk gedung-gedung tinggi, tanpa ada kekhawatiran struktur material yang digunakan. Karena kami menggunakan material vertical garden sama dengan yang digunakan Patrick Blanc dalam semua proyeknya di seluruh dunia.

pola_penanaman_vertical_garden_patrick_blanc

Spesifikasi teknis metode Patrick Blank :

  1. Menggunakan Kontruksi Hollow Galvanize + PVC Board dengan rincian Hollow Galvanize 4*4cm tebal 2mm, Rivent Large Flange Alumunium (BeA Group) Germany, Dynabolt 12mm, PVC Board, dan Sealent.
  2. Media Plant : Felt Biodegradable dengan rincian Felt Thickness 6mm double layer (Patrick Blanc), Rivent Large Flange Alumunium (BeA Group) Germany, Staples Galvanize (BeA Group) Germany.
  3. Netafim Irrigation System dengan rincian LDPE Pipe Netafim 20mm (USA) untuk drip, Air Relief Valve Netafim (USA), Flusing Valve Netafim (USA), Dripper 8-12 L/H Netafim (USA), Accessories & Connector LDPE 20mm, Saddle Clamp.
  4. Central Irigasi & Pemupukan dengan rincian Disk Filter 1 Netafim (USA), Booster Pump Grundfos(Italy), Dosing System (Prancis), Timer Controller Irrigation (USA), Accessories & Connector PE 20mm, Fertilizer & Irrigation Tank.
  5. Penanaman menggunakan hingga 125 spesies tanaman. Penanaman diperkuat dengan Germany Staples.

Mengapa memlilih SmartGarden Indonesia ?

  1. Material vertical garden yang digunakan spesifikasi Patrick Blanc yang terbukti tetap kokoh sejak 1988.
  2. Berpengalaman kerja bareng dengan tim Patrick Blanc dalam mengerjakan proyek vertical garden.
  3. Menggunakan perpaduan teknologi Eropa dan Amerika dalam aplikasi vertical garden.
  4. Media tanam menggunakan Felt. Tidak menggunakan media tanam tanah, rockwool, cocopeat.
  5. Sistem monitoring bisa menggunakan PC atau notebook.
  6. Didesain lebih dari 125 jenis tanaman tropis yang mempesona bahkan dapat menanam pohon jeruk, jambu Jamaica dan jenis tanaman buah lainnya.
  7. Garansi pemeliharaan 100 hari dan garansi irrigation equipment 1 tahun.

BEFORE


AFTER


BEFORE


AFTER


Jika Anda tertarik membangun Vertical Garden dengan Metode Patrick Blanc hubungi SmartGarden Indonesia di (021) 294 03496 atau 0812 8122 9988 sekarang juga !